PRASANGKA, DISKRIMINASI DAN ETNOSENTRISME Judul : Lampungku dan Baliku . . .


 Image

Indonesia di kacaukan dengan Tragedi Perang Bali Vs Lampung.  Perseteruan ini sudah terjadi sejak lam akibat adanya  dendam lama antara masyarakat yang berada disana. Di daerah lampung timur sendiri  mempunyai banyak suku diantara suku tersebut adalah suku pendatang dan suku-suku asli dari lampung sendiri akibat adanya transimigrasi massal maka suku asli lampung sekarang semakin sedikit banyaknya   suku pendatang tersebut antara lain suku jawa(bali), suku sunda, suku makassar, suku palembang, suku cina, suku Arab dan masih banyak suku yang tinggal di daerah lampung tersebut.

Tragedi yang terjadi di lampung ini terjadi akibat perselisihan diantara dua belah pihak karena di daerah lampung tersebut memiliki kelompok sendiri-sendir untuk masyarakat bali membentuk kelompok dan membangun desa sendiri dan membangun pura seperti yang ada di tanah bali, serangan yang ada dilampung ini sudah lama dan masih ada aja pemberitaan yang terjadi didaerah di lampung ini.

Awal mula kejadiannya adalah  Akibat kecelakan yang terjadi antara seorang wanita warga lampung yang memakai kendaraan roda dua   digodain oleh anak nongkrong warga bali dimana seorang wanita warga lampung tersebut menabrak warga bali yang menggunakan sepeda onthel .  Seorang wanita warga lampung yang menabrak tersebut di tolong oleh para pemuda bali akan tetapi   pemuda yang seorang wanita lampung tersebut dibuat tidak senonoh dengan memegang dada seorang wanita tersebut  dan Wanita lampung tidak terima ats tindakan yang kurang senonoh tersebut hingga akhirnya diadukan pada suku masing-masing hingga akhirnya terjadilah bentrokan antara suku lampung dan suku bali. penyerangan tersebut terjadi di  desa Bali Nuraga Kec. Way Pani.  Akibat terjadi bentrok ini menimbulkan beberapa orang meninggal dunia karena warga lampung melakukan pengrusakan terhadap kios, pembakaran rumah dan bebrapa bangunan di daerah desa Bali Nuraga.

 

Tragedi Ini  Kerap terjadi didaerah Indonesia khususnya  Tragedi Perang Bali Vs Lampung dikarenakan akibat  sesuatu yang bisa  merusak harga diri seseorang.  Anggapan dari  Warga lampung sendiri mengenai hal ini adalah bagaimana sikap pendatang  atau tamu yang transmigrasi di daerah orang tidak dapat menghargai warga asli dari daerah tersebut jadi permasalahan ini harus diredakan dengan musyawarah antara kedua belah pihak apabila terjadi masalah yang dapat merusak harga diri seseorang dan jangan mengambil keputusan sendiri dan tindakan untuk menyerang sesama makhluk yang diciptakan oleh Sang Pencipta.

Yaaa begitulah berita yang akhir – akhir ini sering kita dapatkan,miris dan sangat menyedihkan melihat perang saudara ini,sungguh hal ini perlu dapat perhatian khusus dari berbagai kalangan termasuk pemerintah daerah,dalam hal ini pemerintah daerah tidak boleh tinggal diam melihat situasi seperti ini dan aparatur juga jangan sampai berbuat yang dapat melanggar hak asasi manusia hal ini akan memancing kemarahan warga yang terlibat bahkan bias jadi perang malah beralih massa bisa saja menyerang aparat yang berbuat semena-mena terhadap massa. Dan masyarakat itu sendiri juga harus bisa lebih menjaga kerukunan antar warga menjalin hubungan yang harmonis kesesama.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s