Penduduk, Masyarakat dan kebudayaan


Judul : Diperbudak market-market “alien”

 

Kata ‘globalisasi’ di ambil dari kata global, yang maknanya ialah universal. Globalisasi adalah sebuah istilah yang memiliki hubungan dengan peningkatan keterkaitan antarbangsa dan antar manusia di seluruh dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya popular, dan bentuk-bentuk interaksi yang lain. Dalam banyak hal, globalisasi mempunyai banyak karakteristik yang sama dengan internasionalisasi, dan istilah ini sering dipertukarkan. Sebagian pihak sering menggunakan istilah globalisasi yang dikaitkan dengan berkurangnya peran Negara atau batas-batas Negara. Hubungan internasional berlangsung dalam masyarakat internasional.

Globalisasi menggambarkan, bahwa warga dunia semakin menyatu. Mereka memiliki pola hubungan yang semakin erat. Kehidupan dunia seperti itu digambarkan sebagai desa yang mengglobal (global village). Dengan globalisasi seluruh bangsa dan Negara di dunia semakin terikat satu sama lain, mewujudkan suatu tatanan kehidupan baru dengan menyingkirkan batas-batas geografis, ekonomi, dan budaya masyarakat.

Dalam dunia ekonomi, globalisasi merupakan suatu alat yang dapat memacu manusia dalam menghasilkan barang dan jasa yang berkualitas. Manusia akan merasa terdorong untuk mengikuti arus globalisasi yang mengedepankan tenaga SDM yang berkualitas. Sehingga mau tidak mau manusia akan bersaing untuk kehidupan di era globalisasi tersebut.

Di Indonesia sendiri, globalisasi telah masuk dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Disadari atau tidak kita telah dipengaruhi dan mengikuti perubahan-perubahan global yang berasal dari luar negeri seperti teknologi komunikasi berupa handphone. Telepon genggam (handphone) sekarang tidak hanya dimiliki dan dipakai oleh masyarkat yang tinggal di perkotaan, akan tetapi sudah sampai ke masyarakat pedesaan. Hal ini merupakan bentk positif dari pengaruh globalisasi, karena dengan semakin tinggi teknologi komunikasi dapat mempermudah manusia untuk saling berinteraksi setiap waktu tanpa harus bertemu langsung dengan lawan bicara.

Selain dampak positif itu, globalisasi juga memberikan dampak negatif yang cukup signifikan. Contohnya dalam pasar tradisional. Pengaruh globalisasi dalam pasar tradisional di berbagai tempat di Indonesia mengharuskan banyak dari penjual di pasar tradisional ‘gulung tikar’. Hal ini seharusnya mendapat perhatian khusus dari pemerintah pusat, karena seperti yang kita ketahui bersama bahwa mayoritas penduduk Indonesia merupakan masyarakat kelas menengah ke bawah.

Pasar tradisional juga merupakan roh kehidupan mayoritas masyarakat Indonesia, karena di dalamnya terdapat Interaksi sosial yang merupakan ciri umum orang Indonesia. Interaksi tersebut disebabkan karena faktor simpati. Biasanya antara penjual dan pembeli terjalin rasa saling tertarik yang muncul karena kebiasaan dan membuatnya merasa seolah-olah berada dalam keadaan yang sama, sehingga walaupun tujuan utama dari penjual adalah mencari keuntungan, akan tetapi gara-gara diantara mereka sudah terjalin perasaan saling pengertian maka harga barang yang diperjual-belikan tidak akan pernah dipermasalahkan. Harga barang tersebut bisa lebih rendah jauh di bawah harga normal.

Oleh karena itu, pemerintah diharapkan mampu memperjuangkan peran pasar-passar tradisional yang semakin terbenam seiring semakin gencarnya serangan globalisasi melalui pasar-pasar modern seperti mall-mall, supermarket, indomart dan lain sebagainya. Seandainya pemerintah tidak segera membantu pemulihan peran pasar tradisional dan terlalu menikmati pengaruh globalisasi, maka dalam beberapa tahun kedepan dapat dipastikan kita tidak akan melihat lagi pasar-pasar tradisional. Kita tidak akan melihat pola interaksi yang cukup menarik yang terjadi di pasar tradisional tersebut.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s